Selasa, 08 September 2015

"Copy Paste" untuk Masa Depan! Relakah anda melakukannya?

Itulah sebuah topik bahasan dilaman edukasi.kompas.com yang terbit rabu, 2 september 2015.
Petanyaannya : Relakah masa depan kita adalah masa depan "Copy Paste"?.... Bagi saya seorang anak pedesaan yang jauh dari hiruk-pikuknya dunia perkotaan "TIDAK RELA" kalau masa depan saya adalah masa depan "Copy Paste" atau masa depan yang "INSTAN" serba cepat. Masa Depan saya adalah sebuah proses yang harus saya lewati dengan bersusah payah. Masa Depan saya adalah sebuah pencapaian dari proses yang sudah saya lewati. Proses itulah yang akan membentuk saya.

Tak sedikit orang ataupun mahasiswa pada khususnya suka mengambil yang namanya "Jalan Pintas atau suka yang Instan" karena yang instal lebih gampang dan lebih cepat, katanya seperti itu. Mereka terjerumus menjadi plagiat, tukang "Copy Paste"tanpa izin dan banyak lagi yang mereka lakukan, katanya mereka adalah orang-orang yang intelektual, tapi ternyata malah menjadi orang-orang yang pendek akal dan tidak suka berproses. Tumbuhan aja butuh proses untuk tumbuh, apalagi manusia. Proses itulah yang nantinya akan membuat masa depan kita.

Didalam topik bahasan edukasi.kompas.com dikatakan ada lima cara efektif untuk Masa Depan, yaitu:

1. Ketahui Keunggulan Kita
Kita harus mengetahui keunggulan apa saja yang kita punyai. Dari keunggulan itulah kita bisa memunculkan ide-ide. Nah, janganlah kita takut untuk mengembangkan ide-ide yang kita punyai atau pikirkan. Ingatlah para ilmuan seperti Albert Einstein, kita bisa belajar dari mereka.
2. Jauhi Kata Malas
Kata "MALAS" membunuh karakter kita, jadi hindari kata itu. Kerja,kerja, dan kerja...kerja nyata itulah keharusan.
3. Kembali Belajar
Jangan lama tertidur, sehingga kita tidak tahu perubahan dunia. Oleh karena itu bukalah ingatan tentang materi-materi yang sudah kita pelajari, dengan cara Baca Buku, Baca Jurnal, Baca Situs Online, dll.
4. Sigap Mencatat Ide
Ide bisa datang kapan saja, bahkan diwaktu-waktu tak terduga. Bisa aja ide itu muncul ketika kita ada di jalan atau di kamar atau dimana saja. Untuk itulah jangan batasi diri kita. Selalulah bawa buku catatan pribadi kita atau jaman sekarang sudah menggunakan teknologi canggih seperti ponsel. Ingat bahwa proses menulis dengan tangan lebih dianjurkan karena dapat menstimulasi otak untuk menginat.
5. Maju Terus, Pantang Mundur
Jangan pernah berhenti berkarya untuk masa depan, tunjukkan kita bisa melakukannya. Dengan maju terus dan pantang mundur kita bisa melakukannya dengan proses yang ada, pasti kita akan selalu berkarya untuk masa depan dan sekeliling kita.

Selamat berkarya untuk masa depan kita masing-masing, ingatlah jangan suka yang "Instan"tetapi lakukanlah proses untuk mencapai itu semua.

Salam Pemuda INSPIRATIF.
Tadonny Vani, S.Kom.

0 comments:

Posting Komentar